Memperkuat Silaturrahmi, Polres Tanjungpinang Buka Bersama Organisasi Jurnalis


Polrestanjungpinang.info-Tanjungpinang-Jurnalis di Tanjungpinang yang tergabung dalam sejumlah organisasi jurnalis sepakat mengusung jurnalisme kenabian dan melawan berita hoaks dalam menjalankan tugas jurnalistik.
Kesepahaman itu diusung  dalam ajang buka puasa bersama digelar Jurnalis Mitra Kepolisian bersama Polres Tanjungpinang di Hotel Plaza Bintan, Tanjungpinang, Senin (28/5).
Hadir di kegiatan ini sejumlah jurnalis dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Tanjungpinang.
Penegasan kesepahaman ini diantaranya disampaikan Munirul Ikhwan, Anggota AJI Tanjungpinang, yang saat itu bertindak mengisi ceramah.
Menurut Ikhwan (sapaan Munirul Ikhwan) berita hoaks atau berita bohong yang dibuat seorang jurnalis, kemudian disebarkan kemasyarakat memiliki dampak kehancuran suatu tatanan pemerintah.
“Ini telah terbukti berita hoaks membawa hancurnya masa kekhalifahan,” tegasnya.
Ikhwan, jurnalis yang bertugas di Tribun Batam Biro Tanjungpinang ini dalam ceramahnya berpesan agar setiap jurnalis bertugas dilandaskan berdasarkan fakta dan kejujuran.
“Harus diingat bahwa setiap kata dalam sebuah berita akan mendatangkan amal jika dilandaskan kejujuran dan bertujuan untuk kebaikan. Sebaliknya, setiap kata akan membawa dosa jika dilakukan atas dasar kebohongan,” paparnya.
Senada itu, Kepala Kepolisian Resor Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi S.Ik, MH menyatakan  hal sama. Menurutnya, jurnalis memiliki peran penting dalam memajukan bangsa.
“Selama ini kami sangat terbantu dengan pemberitaan yang dibuat rekan-rekan wartawan mengenai instansi kami,” ujar Ucok.
Dia berharap kemitraan yang terjalin antara Polres Tanjungpinang dan jurnalis terus berjalan baik.
Pada kesempatan sama, Ketua AJI Tanjungpinang, Jailani yang mewakili insan pers yang hadir saat itu berharap kegiatan tersebut akan menjadi sarana silaturahmi yang baik antara kepolisian dan jurnalis.
Dalam bekerja di lapangan, tutur Jailani, wartawan juga sering melayangkan kritik. Namun pada prinsipnya hal itu bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk saling mengingatkan agar melahirkan gagasan yang diharapkan antara Polisi dan Jurnalis.
“Silaturahim yang ada sekarang tetap terjalin dengan baik sampai kedepannya. Semakin mempererat kebersamaan kita,” pungkasnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Polres Tanjungpinang pengawalan untuk Jenazah gratis

Jelas sudah Akun ini membongkar siapa yg mendanai dibalik aksi 212

Jangan Lagi Sebut Muslim Cyber Army Kata Wakapolri